relojes web html code for clock

Senin, 15 November 2010

Referensi: WM7 Segmennya kemana ??

Kini WP7 telah resmi di release oleh microsoft dan para device maker; HTC, Samsung, LG, DELL. Melihat dari para device maker HTC memang sudah cukup "bangkotan" membawa Windows Mobile sebagai OSnya, biarpun akhirnya "selingkuh" dengan ANDROID, akhirnya HTC tetap setia dengan WM disaat versi 7nya hadir. Samsung sendiri yang awalnya lebih sering dengan symbian, seolah mencari posisi pasar di smartphone, akhirnya bersedia meminang WM dan Android untuk device smartphonenya.

Sebenarnya, bagaimana prediksi WM dan ANDROID kedepan? siapakah yang akan tetap dipinang para device maker?. WM sendiri sebenarnya bukan merupakan produk "cash cow" dari microsoft yang memang lebih terfokus pada pengembangan OS untuk PC dan Notebook. Kita lihat percepatan perkembangan dari Windows 95->98->2000->xp>vista->win7 dibandingkan pergerakan WM5 sampai WM7. Namun, microsoft kini dengan sedikit "terpaksa" harus menjadikan WM7 juga sebagai andalan produknya, terlihat bagaimana tampilan dari WM7 yang "kelihatannya" mengincar "Android" user sebagai target pasarnya. Namun, dimunculkannya XBOX live seolah membuat rancu, apakah Iphone pun menjadi target microsoft untuk dikalahkannya dalam perang smartphone OS?

Android, yang mengusung OS Opensource memiliki kekuatan yang memang sulit ditandingi kedepannya. Dengan adanya para oprekker (yang suka ngoprek) dan Linux mania secara langsung membantu percepatan development dari Android sendiri. Kita lihat Donut->Cupcake->Eclair->Froyo-> dan kabarnya bakal akan muncul "ice cream" benar mengukuhkan Android sebagai open source mobile OS yang akan sulit ditandingi, meskipun symbian mencoba mengejar dengan merubah OS nya menjadi open source.

Android mampu mengejar dua tipe user; user biasa (kategori pengguna biasa device tanpa suka melakukan development sendiri) dan User Mania (pengguna yang lebih senang melakukan "oprekisasi" OS). Dalam user biasa, android telah menyediakan +/- 100 ribu aplikasi yang sudah tersedia dalam android market. Chatting, Social Network application yang sering digunakan user biasa sudah sangat berlebih model dan variannya pada android market. Sedangkan User Mania, dengan tersedianya SDK sangat mudah bagi mereka untuk membuat "new application" dan mengoptimalkan kinerja OS.

WM7 yang sebenarnya "sedikit" kebingungan, dengan adanya Android, RIM, Iphone - kelihatannya menyisihkan RIM dan lebih memilih Android sebagai pesaing untuk new OSnya. Sedangkan dilain sisi - microsoft mencoba menarik perhation Iphoner dengan XBox livenya. Tapi sayang, dengan tampilan WM7 yang saat ini muncul meskipun device maker yang memboyongnya menggunakan spesifikasi tinggi untuk smartphone, kelemahan WM7 tetap pada; Ketersediaan Aplikasi dan Non Open Sourcenya. 2000 aplikasi yang tercatat di beberapa berita online yang tersedia pada Windows Market Place. 3rd party application yang tidak bisa di install (contoh: aplikasi dari wm6software.net). Seolah ingin menutup jalan bagi para oprekker windows mobile di XDA-Developers, microsoft merasa dengan WM7 saat ini user akan sudah merasa "cukup" tanpa harus dioptimalkan lagi, kalaupun ada - maka "only available at microsoft".

Windows Mobile, yang sebenarnya lebih cocok sebagai "executive" OS, harusnya lebih meruncingkan lagi strateginya di segmen ini. Tidak perlu merubah "style" yang sudah terbentuk selama ini. WM6.5 yang perkembangannya ke WM7 sangat lama, memberikan waktu para 3rd application maker membuat aplikasi-aplikasi untuk WM. Sebenarnya dengabn menggandend beberapa software development dimana aplikasinya dibenamkan ke WM7 akan lebih memperkuat microsoft dalam pasar "executive phone". Contoh; SPB memiliki software yang sangat dibutuhkan, antara lain; SPB TRAVELER, SPB FINANCE, SPB WALLET. PenPower dengan: WORLD CARD MOBILE nya -> business card scanner. Jika beberapa contoh software diatas dibenamkan dalam WM7, terntunya akan memperkuat microsoft sebagai penyedia device PDA Phone untuk para executive. Namanya juga para executive, aplikasi games sebenarnya tidak menjadi perhatian besar. Tapi sayang Microsoft tidak ingin devicenya hanya segmented, tapi ingin menambah segmen lainnya, untuk remaja dan gamers.

Nah, bagaimana sebenarnya prediksi WM7 ini dipasaran nantinya, khususnya dilawankan dengan Android? atau dilawankan dengan semua OS yang ada? Kelihatannya khusus untuk Indonesia urutan akan menjadi sebagai berikut (Smartphone Class):
1. Android
2. Iphone
3. RIM
4. WP7
tidak akan jauh beda dengan dunia, perubahan hanya akan terjadi pada Android dan Iphone, sementara blackberry cukup tenang dengan andalan BES dan BBM nya. WP7 yang semakin melebarkan fokusnya, justru akan semakin menjatuhkan pasarnya sendiri. Pada OS PC dan notebook, boleh saja Microsoft merajai walaupun dibayangi LINUX dan MAC , dengan developmentnya yang cepat Windows akan sulit dikalahkan sampai lima tahun kedepan. Tapi WM7 ? kelihatannya umur OS ini akan kurang dari 1 tahun, apabila microsoft tidak segera: memfokuskan segmennya, mempercepat perkembangan OS nya (misal wm7 -> wm7 pro), atau menambah kekayaan aplikasi di windows marketplacenya. Cheers

4 komentar:

CAHAYA HADI mengatakan...

Ya Mas, akhir-akhir ini ketersediaan aplikasi memang jadi faktor penting kelangsungan sebuah produk gadget di pasaran smart gadget. Melihat perkembangan WinMo masih jomplang banget akselerasinya dibanding Iphone dan bahkan OS yang lebih mudah umurnya, Android. Sekarang di WP7 apakah hal ini akan dilihat dan ditanggapi serius kita lihat saja..

Meskipun user dianggap sudah cukup dimanjakan dengan tambahan feature seperti Xbox dan Zune, ya feature yang sangat mumpuni, namun user suatu saat akan sampai pada titik kebosanannya, dan mulai mencoba feature lain dengan memasang aplikasi2 yang ada, sudah siapkah market menanggapi demand ini?

rickyrizky mengatakan...

yes benar mas, android meskipun user biasa saja, tapi dengan ketersediaan aplikasi yang melimpah akan tetap membuat si user tidak "bosan". Tapi kelihatannya microsoft memang sudah cukup bermain di OS PC, untuk OS mobile mungkin hanya sebagai produk "penggembira" di smartphone saja. Lain halnya waktu wm5, wm6

Blog Euy! mengatakan...

Dari penelaahan saya, peluncuran WP7 sebenarnya tidak tanpa strategi yang jelas. Disini MS memang sedang berusaha menanamkan kembali brand WP7 nya.

Jalan WP7 meraih kembali market sharenya tentu tidak akan sama/meniru cara iPhone dan Android. Sederhananya jarang sekali ada produsen yang mau meluncurkan produk persis head to head dengan produk yang terlebih dahulu mapan di pasaran. Itu sudah prinsip marketing. Masuk ke pasar harus melihat celah yang kosong.

Disini saya melihat WP7 berusaha masuk ke pasar Enterprise, pekerja kantoran, tapi bisa juga masuk pasar game dan entertainment.

Secara strategi, berdasarkan metode SWOT, MS akan masuk ke medan peperangan tentu dengan strong pointnya selama ini. Yakni, integrasi dengan back end system (SQL server, sharepoint, UC based on MS Software), Client Productivity (MS office), dan tentu framework game mereka, XBOX dan framework entertainment Zune.

Integrasi dengan sistem2 yang telah ada ini lah yang akan dioptimalkan MS.

Tapi secara objectif, kita memang masih menunggu kiprah WP di jagad smartphone.

rickyrizky mengatakan...

mungkin memang belum kelihatan kiprah WP7 , karena toh masuk di Indonesia secara aktual di Desember 2010 ini.

Kini tergantung WP7 bagaimana meringsek pasar smartphone user yang sudah terguna-guna dengan BBM nya BB dan sudah terkesima dengan kekayaan aplikasinya android :))

Nah, kalau WP7 hanya akan mengandalkan XBOX LIVE dan kecanggihan spek dari Device yang di boyongnya, hmmm... tetap sulit

kalau saya masih berpikiran, seandainya aplikasi ORGANIZER kantorannya di lebihkan .. dan WP7 menetapkan sebagai executive phone .. wah .. akan mudah masuk... , NEXT, boleh menggebrak pasar lainnya, yang jelas - posisi awal sebagai executive phone nya sudah jelas ...