relojes web html code for clock

Minggu, 17 Januari 2010

REFERENSI : Mengenal Cooked ROM pada Windows Phone



Kadang beberapa user dari windows phone masih bingung, apa sih yang sering di katakan ROM ? atau ada istilah lagi, yaitu Cooked ROM ? ROM merupakan kepanjangan Read Only Memory - yang berarti Memory yang hanya bisa di baca , namun tidak bisa dilakukan editing atau perubahan.

wikipedia:
Read-only Memory (ROM) adalah istilah bahasa Inggris untuk medium penyimpanan data pada komputer. ROM adalah singkatan dari Read-Only Memory, ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer. ROM ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan didalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.

Pada saat anda membeli device berbasis windows phone, apakah itu HTC, DOPOD, O2, atau lainnya - pada ROM sudah terinstall O/S Windows mobile apakah WM5, WM6, atau WM6.1 beserta beberapa aplikasi yang di dalamnya, seperti email, outlook, dan lainnya. Disini saya katakan, ROM bawaan asli sewaktu kita membeli device inilah Original ROM yang di release oleh microsoft bekerjasama dengan pabrikan.

Cooked ROM ? apalagi ini? Seperti di jelaskan sebelumnya pada saat kita beli device tentunya kita mendapatkan original ROM di dalamnya. Beberapa kelemahan sebenarnya dari Original ROM mungkin dari segi features dan atau tampilannya yang masih sangat standar sekali. Mungkin juga, pada device tertentu, beberapa aplikasi yang sudah terinstall kita ingin hilangkan, karena tidak kita perlukan. Atau juga, kita merasa kita butuh RAM yang cukup untuk menambah aplikasi-aplikasi lain.

wikipedia;
Memori akses acak (bahasa Inggris: Random access memory, RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Dengan melihat hal ini, maka bermunculanlah para Cook (Koki) yang memulai untuk melakukan Ășnlocking' dan 'memasak'original ROM menjadi ROM yang diinginkannya, baik dari segi tampilan, sisa memori, aplikasi dari pihak ketiga yang lebih berguna, dan lainnya. Nah ROM yang telah di masak oleh koki ini lah yang di katakan dengan COOKED ROM

Jadi bisa di katakan COOKED ROM memang sudah tidak lagi original karena telah mengalami beberapa perubahan yang disesuakin si koki. Lalu, apaka COOKED ROM ini di verifikasi oleh microsoft ?

Nah, menurut sumber yang pernah didapat, ternyata COOKED ROM ini memang sempat menjadi masalah di microsoft. Microsoft cukup 'gemes'melihat ROM nya di acak-acak dan dimodifikasi 'seenaknya'. Apalagi ternyata perkembangan COOKED ROM ini sangat cepat dan sudah terbentuk komunitas yang lebih besar lagi dan mereka saling berbagi informasi dan atau sharing.

Jadi jangan heran, pada saat di luncurkannya Windows Mobile 6.1 - dalam forum tertentu telah muncul ROM dengan Windows Mobile 6.5 dan kinipun telah muncul ROM Windows Phone 7. :))

Istilah 'Flashing' sering muncul dalam COOKED ROM. Flashing artinya melakukan proses menghapus ROM lama dan mengganti dengan ROM baru. Setelah kita melakukan flashing, kita akan mendapatkan ROM baru yang kita inginkan.

wikipedia:
Memori kilat (flash memory) adalah sejenis EEPROM yang mengizinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrograman

Nah, namun hati-hati dalam pemilihan COOKED ROM ini, karena anda memiliki resiko device anda menjadi 'BRICK'. Brick adalah istilah, device rusak total dan tidak bisa di perbaiki, sehingga hanya akan jadi pajangan atau jadi brick (batu bata) :)) ...., jadi sebelum anda mencoba untuk flashing ROM, maka ada baiknya browsing dulu dan pilih ROM yang cocok dengan ; Device, lihat penggunaan RAM nya; dll dll. Tidak perlu takut untuk mencoba, memang awal akan mengerikan, namun setelah anda mencobanya - jangan terkejut kalau anda akan semakin menyayangi Device anda dan tentunya menyayangi Windows Phone sebagai OS anda :)

Coba baca-baca kembali beberapa link di bawah ini untuk menjadi referensi mengenai cooked rom dan atau flashing rom.

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=356895
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=218712

dan silahkan di lihat-lihat di link di bawah ini beberapa contoh COOKED ROM - pastikan yang sesuai dengan device anda dan baca dahulu komen-komen dibawahnya setiap user yang telah mencobanya. Pilihlah COOKED ROM yang stabil untuk device anda. Tetap secara harafiah, original adalah yang paling stabil. Tapi apakah benar ? nah ..sebaiknya tidak salah anda mulai mencobanya. Cheers
http://all-cooked.blogspot.com/

Tidak ada komentar: