relojes web html code for clock

Senin, 27 September 2010

REFERENSI : HTC TOUCH DIAMOND2 (TOPAZ)



26 September 2010, secara resmi saya alihkan device blackberry saya kepada adik, karena memang saya merasa device blackberry sudah cukup mengganggu kreatifitas saya untuk kotak-katik mobile device. Secara otomatis, kini saya kembali menggunakan Windows Phone saja dengan tipe HTC TOUCH DIAMOND2 atau yang lebih banyak di kenal dengan HTC TOPAZ.

HTC TOPAZ yang merupakan adik dari THC TOUCH DIAMOND (1) ini memang terlihat jauh lebih besar dan berat di bandingkan kakaknya. Namun, tentu saja ada perkembangan lain dari sang adik, dimana ROM yang tersedia adalah 512MB dan RAM 288 MB - sedangkan Touch Diamond 1 : ROM 256 MB dan RAM 192 MB. Tidak seperti kakaknya HTC TOPAZ tidak lagi mengandalkan internal memori.

Untuk detail spesifikasi HTC TOPAZ bisa di lihat di sini.

Tentu saja dengan spesifikasi tersebut seharusnya TOPAZ memiliki speed yang lebih bagus. tapi sayang sekali - dengan original ROM WM6.1 ternyata TOPAZ seolah tidak jauh dengan Diamond1 - jadi disarankan sekali kita untuk menggunakan custom ROM untuk mendapatkan kerja TOPAZ dengan maksimal. Saya sudah menggunakan Shipped ROM 6.1 dan upgrade ke 6.5 (with HTC sense), tapi sayang itu tidak membantu, terlihat pada saat saya jalankan Clean RAM setelah mengoperasikan beberapa aplikasi, hasil RAM yang masih berjalan adalah lebih dari 10MB - tentunya ini memperlambat kerjanya.

Cooked ROM yang saya pernah gunakan adalah dari DUTTY dan VIGRIK versi terbaru. Dimana keduanya berbasis WM 6.5 dan perbedaan utamanya DUTTY sudah menggunakan HTC SENSE sedangkan VIGRIK masih dengan MANILA. DUTTY masih hampir sama dengan Shipped ROM, dimana banyak sekali RAM yang harus di "sortir" dengan clean RAM setelah kita membuka beberapa aplikasi.

Lain halnya dengan VIGRIK - dimana TOPAZ mendapatkan kecepatan yang bagus dalam bekerja dan sama sekali tidak memberatkan devicenya sendiri. Mungkin TOPAZ memang belum di disain untuk bisa menggunakan HTC SENSE - memang basis awal TOPAZ masih sama dengan DIAMOND1, yaitu WM 6.1.

Bagi yang mau mencoba - coba untuk mengotak-atiknya, XDA-Developers tetap menjadi pilihan referensi terbaik untuk TOPAZ. namun bagi yang ingin langsung mencoba semua ROM yang ada di TOPAZ, untuk mempermudah - silahkan buka link dari BEEGEE'S yang telah merangkum semua ROM yang available untuk TOPAZ mulai dari Original ROM sampai Cooked ROM baik itu 6.1 ataupun 6.5. Silahkan klik di sini untuk langsung menuju sitenya.

Aplikasi tambahan apa yang akhirnya saya benamkan di TOPAZ ? berikut adalah aplikasi wajib yang saya install dan kondisi TOPAZ dengan VIGRIK ROM masih bekerja sangat cepat sekali;

CRC DEVICE UPDATE 2.1.2
SPB TRAVELER
FACEBOOK
GARMINXT
CLEANRAM18
NIMBUZZ
SMS BOMBER
SPB WALLET
AZUREA (Twitter Client Application)
TOTAL COMMANDER
MICROSOFT MYPHONE
SCHAP ADVANCED CONFIGURATION

Semua aplikasi tersebut berjalan di TOPAZ dan tidak ada masalah. Untuk koneksi saat ini saya menggunakan TELKOMSEL FLASH PROMO ( UP TO 1MB) dan dengan kondisi 3G off - berjalan cukup cepat.

Hanya 1 hal yang tidak berjalan pada VIGRIK , yaitu pada COMMANAGER - 3G Toggle tidak bisa digunakan, jadi jika merubah dari GPRS ke 3G kita harus masuk ke setting phone dan merubah pilihan BAND nya.

Semoga referensi ini dapat membantu para WINPHONE lover dan juga para pecinta HTC. Cheers.

Tidak ada komentar: